Labels

Kamis, 01 Desember 2011

MENGENAL AJAX DAN JAVASCRIPT

Ajax(Asynchronous Javascript and XML) sesungguhnya bukanlah suatu bahasa pemprograman , melainkan hanya suatu teknik yang memungkinkan untuk membuat aplikasi web yang interaktif.dengan menggunakan ajax , aplikasi web dapat berinteraksi dengan server di latar belakang sehingga tidak mempengaruhihalman web secara keseluruhan , Sebagai gambaran ,anda sering mendaftarkan diri  disebuah situs web sebagai anggota baru, Setelah anda mengetikan user ID saat registrasi.sistem bisa memberitahukan bahwanama yang anda pakai sudah digunakan orang lain. atau belum.

Bagaimana aplikasi web bisa tau hal itu padahal anda belum mengklik apapun pad aweb? Rahasianya terletak pada pemprosesan dilatar belakang yang dilakukan oleh ajax.Gambar dibawah ini menunjukan web berbasis Ajax dan bukan Ajax

Nampak pada aplikasi web yang berbasis Ajax terdapat bagian yang disebut lapisan Ajax( atau terkadang disebut mesin ajax). Lapisan inilah yang mengatur komunikasi antara klien dan server.

Butir Penting yang perlu diperhatikan dalam lapisan ajax :

  1. Lapisan ajax meminta ke server atau tidak tergantung pada jenis layanan dari antar muka,sebagai contoh, untuk validasi terhadat objek formulir tidak perlu melakukan permintaan ke server, cukup tabngani di klien, Namun untuk pemeriksaan keabsahan password, mau tidak mau harus dilayangkam ke server kerena harus berhubungan dengan database
  2. Sekalipun penambahan lapisan ajax terkesan lambat, pada kenyataan nya malah sebaliknya, hal ini karena  permintaan yang dilakukan oleh lapisan ajax menghasilkan informasi yang jauh lebih sedikit dibanding yang diminta seluruh halaman.
  3. Lapisan Ajax bekerja dengan pendekatan asinkron, Asinkron berarti klien bisa meminta layanan dari server dan tidak perlu menunggu  sampai server melayaninya.dengan demikian saat informasi dari server belum didapat layanan kepada pemakai tetap dapat dilakukan.

Sekian dulu pembahasan mengenai Ajax semoga dapat dimengerti dan bermanfaat..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...