Labels

Minggu, 06 Mei 2012

BIKIN INTERNETAN JADI GAK LAMBAT

Bikin download jadi gak lambat | Make your download not slow
Ternyata permasalahan sebagian penduduk Indonesia dibidang IT khususnya  internet adalah kurangnya koneksi atau bahasa latinnya Bandwidth yang mereka gunakan. Rata-rata pengguna internet diindonesia hanya menggunakan mod*m sebagai media untuk berselancar didunia maya.Bukan bermaksud menjatuhkan tetapi realita dilapangan ternyata alat tersebut ternyata kurang mencukupi hasrat untuk menjelajah dunia maya, meskipun rata-rata pengguna hanya bermain facebook. Sedangkan untuk keperluan seperti Download kecepatan atau transfer rate yang diberikan bisa dibilang slowly but sure. Maka yang menjadi korban ketidakpuasan ini rata-rata adalah anak kos yang sedang menuntut ilmu di kota orang. Selain itu yang menjadi kendala lain yaitu wilayah/daerah. Kenapa bisa begitu ? karena tidak semua daerah mendapatkan signal yang baik
Nah untuk mengatasi/mengurangi permasalah diatas kita harus sering-sering mengupdate informasi perkembangan dunia IT dan harus rajin membaca artikel yang berkenaan dengan bagaimana membuat koneksi internet menjadi lebih cepat. Sedikit tips membuat koneksi kita menjadi setingkat lebih baik ikuti langkah dibawah ini.

pertama => Carilah DNS (Domain Name Server) menggunakan software namebench. Jika belum ada silahkan download Disini (untuk windows).

Cara menggunakan Namebench
Setelah didownload  jalankan aplikasi seperti gambar dibawah : 
Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Image

Untuk mengetahui Nameserver silahkan buka command ketikan ipconfig atau ipconfig /all.

Lalu Langsung klik “Start Benchmark” 
  • Setelah melakukan pengujian atau benchmarking selama sekitar 6-10 menit, maka hasilnya akan ditampilkan di browser. Berikut adalah contoh hasil pengujian Namebench pada koneksi speedy yang saya pakai :
    Menemukan DNS Server untuk Menambah Kecepatan Koneksi Internet Image
Ya, pada hasil tersebut Google Public DNS mendapatkan hasil rekomendasi terbaik dengan kemungkinan menambah kecepatan sebesar 28%. Namun hasil tersebut akan berbeda beda sesuai layanan Internet yang anda pakai. Selain itu Namebench juga memberikan alternatif Secondary (pada contoh diatas CepatNet-2 ID / 202.43.178.245) dan Tertiary Server (pada contoh diatas Telekomspeedy Jakarta-4 ID /202.134.0.61 ). Jadi ternyata DNS Telkomspeedy sendiri berada di urutan ketiga berdasarkan kecepatan dan kedekatan dengan koneksi Internet kita.

Tambahan : DNS juga dapat memfilterisasi konten. Jika kita ingin membatasi internet dengan konten yang berisi pornografi dapat menggunakan Open DNS dengan alamat  208.67.222.222 / 208.67.220.22.

Jika DNS sudah didapat silahkan masukan dengan cara buka :
ControlPanel > NetworkConnection >LAN > Properties > Internet Protocol (TCP/IP) >Properties > isikan pada 
Preffered DNS Server dan Alternate DNS Server.


Untuk mempercepat download gunakanlah IDM (Internet Download Manager) dan IDMOptimizer.

Download IDMOptimizer 

buka IDM > Options > Proxy
carilah situs penyedia Proxy.Link disarankan

Masih banyak artikel yang berkenaan dengan topik diatas silahkan searching guna menambah wawasan..semoga bahasan ini dapat membantu dan bermafaat. Oh iya saya harap teman-teman para pembaca mw meluangkan sejenak waktunya untuk memberi saran dan komentar.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...